nusakini.com-Yogyakarta-Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah tengah mempersiapkan keterlibatannya dalam Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022 yang diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 26 April mendatang. Adapun tema yang diusung oleh BNPB pada HKB 2022 ini yaitu: Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana.

“Keluarga Tangguh Bencana ini menjadi program yang sudah dicanangkan BNPB, yang diharapkan setiap keluarga bisa menjadi tangguh dan lebih siap menghadapi bencana,” tutur Rahmawati Husein di acara Silaturahmi dan Sosialisasi HKB 2022 secara daring.

Wakil Ketua LLHPB PP ‘Aisyiyah itu juga menyampaikan bahwa usaha membangun ketangguhan keluarga ini sejalan dengan ‘Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Muhammadiyah yang memiliki program Keluarga Sakinah.

“Keluarga Sakinah merupakan salah satu program di ‘Aisyiyah di mana kita ingin menguatkan keluarga, sehingga keluarga memiliki ketangguhan dan memiliki kelentingan,” kata dia.

Menurutnya, kelentingan artinya mampu kembali kalau sedang tertimpa dengan bencana, termasuk bencana pandemi, karena pandemi termasuk bencana non alam.

“Kami berharap dengan keterlibatan dalam HKB 2022 ini, seluruh anggota LLHPB ‘Aisyiyah se Indonesia bisa mengambil manfaat, pelajaran, pengetahuan, dan menumbuhkan kesadaran pentingnya kesiapsiagaan bencana,” harapnya. (rls)